Label

Sabtu, 05 Juni 2010

Marah Yang Sehat....

Setiap orang pasti pernah marah, karena marah adalah hal yang manusiawi. Namun marah terkadang menimbulkan situasi yang serba salah. Jika kita melampiaskan amarah, kita bisa terserang penyakit, begitu juga jika kita menahan marah, penyakit yang lain juga mengancam. Berbagai macam cara orang-orang menunjukkan amarahnya, ada yang berteriak-teriak, ada dengan diam, ada dengan tangis, ada juga dengan tertawa, dan lain-lain.
Mengapa orang mudah sekali kena penyakit marah ?....... Karena di dalam darah orang yang marah terkandung banyak hormone adrenalin, hormone yang diproduksi oleh kelenjar adrenal ini akan dilepaskan ke dalam darah ketika ada rangsangan emosi. Akibatnya adalah denyut jantung akan bertambah cepat dan tekanan darah meninggi, keadaan ini yang mengakibatkan penyakit mudah datang.
Amarah terbagi dalam 4 golongan yaitu :
1. Purposeful yaitu marah yang disengaja
2. Spontan yaitu marah yang dilakukan secara tiba-tiba
3. Konstruktif yaitu marah yang disertai dengan ancaman terhadap orang lain
4. Destruktif yaitu marah yang ditumbuhkan tanpa rasa bersalah
Namun, problem yang bakal terjadi bukanlah terletak pada marah yang bagaimana yang akan dilakukan tetapi bagaimana cara untuk mengelola marah itu sendiri. Ada 4 langkah di dalam pengelolaan marah yaitu sebagai berikut :
1. Mengidentifikasi kesalahan sikap dan pendirian yang mempengaruhi kita untuk marah secara berlebihan. Begitu masalah ini diperbaiki, kita bakal lebih mudah untuk mengendalikannya.
2. Mengidentifikasi factor-faktor dari masa kecil kita yang menghambat kemampuan kita mengekspresikan amarah. Faktor-faktor ini termasuk ketakutan, penolakan, dan ketidaktahuan.
3. Mempelajari cara tepat untuk mengekspresikan kemarahan sehingga kita tetap dapat menguasai situasi yang menimbulkan kemarahan itu, bahkan secara lebih efektif.
4. Menutup luka-;uka yang mungkin tertinggal oleh pengaruh emosional dari kemarahan yang menghancurkan.
Selain itu juga, ada hal-hal yang harus dihindari atau menjadi pantangan apabila kita marah yaitu :
1. Pengelakan
2. Pemendaman
3. Pengalihan
4. Pengekspresian tak langsung
Marah adalah hal yangmanusiawi, meskipun berbahaya untuk kesehatan namun ternyata marah dapat kita kelola dengan baik sehingga pelepasan emosipun dapat bisa tetap dilakukan tanpa perlu melampiaskannya ke hal-hal yang negative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar